Penjelasan tentang Strategi Pemasaran

Pengertian Strategi Marketing

Strategi marketing  adalah keseluruhan rencana pemasaran bisnis untuk menjangkau orang dan mengubahnya menjadi pelanggan untuk produk atau layanan yang kita sediakan. Strategi ini dalam suatu perusahaan berisi proposisi nilai perusahaan, cara pemasaran terbaik, informasi tentang sasaran pelanggan dan hal-hal lain yang berhubungan dengan rencana pemasaran.

Strategi marketing dapat berisi rencana pemasaran yang juga merupakan rencana untuk menjabarkan jenis dan waktu kegiatan pemasaran. Dalam strategi ini, perusahaan harus memiliki durasi yang lebih panjang daripada rencana pemasaran individu, karena strategi ini mempertaruhkan proposisi nilai dan elemen-elemen penting dari merek dalam sebuah perusahaan. Hal-hal ini idealnya tidak banyak berubah seiring waktu berjalan.

Strategi marketing tidak sama dengan rencana pemasaran, meskipun kedua hal ini berhubungan namun keduanya tidak bisa disatukan, antara strategi marketing dan rencana pemasaran tidak berada dalam satu definisi.

Meskipun transisi antara keduanya buram, strategi marketing mencakup gambaran besar dari apa yang ditawarkan bisnis, seperti proposisi nilai dan pesan merek terkait sedangkan untuk rencana pemasaran adalah tentang cara bagaimana bisnis akan menyampaikan pesan utama seperti: platform, iklan kreatif, waktu, dan sebagainya.

Marketing merupakan salah satu unsur penting yang harus diperhatikan oleh suatu perusahaan. Proses marketing inilah yang memastikan bahwa setiap produk dari perusahaan bisa sampai kepada konsumen. Oleh karena itu, diperlukan strategi-strategi khusus untuk menjalankan kegiatan marketing dan memastikan bahwa perusahaan mendapatkan laba sesuai dengan yang diharapkan.

Menentukan strategi pemasaran sebenarnya mudah. Namun, Anda tidak boleh menggampangkan begitu saja. Ingat, dalam dunia bisnis juga terdapat persaingan. Jika Anda tidak jitu dalam menentukan strategi marketing, pesaing Anda mungkin akan diuntungkan oleh keputusan Anda.

Untuk itu, diperlukan pertimbangan yang matang dan tepat saat membuat strategi marketing. Salah satu  strategi marketing yang banyak digunakan adalah strategi marketing mix. Strategi marketing mix dinilai membantu perusahaan memperoleh keuntungan yang maksimal. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan tentang strategi marketing mix berikut ini.

Marketing merupakan salah satu unsur penting yang harus diperhatikan oleh suatu perusahaan. Proses marketing inilah yang memastikan bahwa setiap produk dari perusahaan bisa sampai kepada konsumen. Oleh karena itu, diperlukan strategi-strategi khusus untuk menjalankan kegiatan marketing dan memastikan bahwa perusahaan mendapatkan laba sesuai dengan yang diharapkan.

Menentukan strategi pemasaran sebenarnya mudah. Namun, Anda tidak boleh menggampangkan begitu saja. Ingat, dalam dunia bisnis juga terdapat persaingan. Jika Anda tidak jitu dalam menentukan strategi marketing, pesaing Anda mungkin akan diuntungkan oleh keputusan Anda.

Untuk itu, diperlukan pertimbangan yang matang dan tepat saat membuat strategi marketing. Salah satu  strategi marketing yang banyak digunakan adalah strategi marketing mix. Strategi marketing mix dinilai membantu perusahaan memperoleh keuntungan yang maksimal. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan tentang strategi marketing mix berikut ini.

Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli

Beberapa ahli pernah menjelaskan tentang definisi strategi marketing, diantaranya adalah:

1. Kotler dan Amstrong(2008), pengertian strategi pemasaran adalah logika pemasaran dimana unit bisnis berharap untuk menciptakan nilai dan memperoleh keuntungan dari hubungannya dengan konsumen.

2. Kurtz

Menurut Kurtz (2008), pengertian strategi pemasaran adalah keseluruhan program perusahaan dalam menentukan target pasar dan memuaskan konsumen dengan membangun kombinasi elemen dari marketing mix; produk, distribusi, promosi, dan harga.

3. Philip Kotler

Menurut Philip Kotler, pengertian strategi pemasaran adalah suatu mindset pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran, dimana di dalamnya terdapat strategi rinci mengenai pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran, dan budget untuk pemasaran.

4. Tjiptono

Menurut Tjiptono, pengertian strategi pemasaran adalah alat fundamental yang dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan daya saing yang berkesinambungan melewati pasar yang dimasuki, dan progam pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar target tersebut.

5. Stanton

Menurut Stanton, pengertian strategi pemasaran adalah sesuatu yang melingkupi semua sistem yang memiliki hubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga hingga mempromosikan dan menyalurkan produk (barang atau jasa) yang dapat memuaskan konsumen.

Manfaat strategi marketing

Berikut adalah tiga manfaat tambahan dari pengembangan dalam strategi marketing

Distribusi Menjadi Lebih Efisien

Setelah Strategi Marketing Anda terapkan pada bisnis. Anda akan tahu bahwa semua detail yang diperlukan, seperti siapa target pelanggan Anda dan kisaran harga yang dapat Anda tawarkan. Hal ini akan membantu Anda menentukan cara distribusi yang paling efektif.

Misalnya, jika Anda melayani demografi yang lebih muda, Anda harus memberikan opsi pembelian untuk ponsel dan tablet menggunakan layanan seperti PayPal dan kartu kredit. Memang, memberikan pelanggan Anda metode belanja yang lebih mudah adalah cara yang bagus untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Membangun citra merek/brand

Tidak ada bisnis di dunia yang dapat bertahan lama tanpa citra merek yang solid. Semua ini adalah aspek lain di mana strategi marketing membantu Anda. Banyak uang iklan terbuang sia-sia ketika Anda membeli media dan menempatkan iklan di platform yang tidak sejalan dengan citra merek Anda.

Saat Anda mengembangkan citra merek, Anda akan mendapat wawasan terbaik dari perbandingan saat Anda menempatkan iklan di setiap platform yang berbeda

Menciptakan Produk Yang Menjual

Pemasaran tidak hanya tentang mempromosikan lini produk yang ada. Pemasaran yang efektif akan mengambil hati klien Anda dan memahami kebutuhan mereka. Dan jika Anda berpikir bahwa produk Anda yang ada tidak memenuhi permintaan pelanggan, maka Anda harus mendesain ulang penawaran Anda.

Ini adalah cara terbaik untuk melayani pelanggan Anda dan memperkuat status Anda di pasar. Dengan perubahan teknologi dan ekonomi, Anda harus mengubah diri  desain pemasaran Anda agar tetap relevan, dan di sinilah strategi marketing memainkan peran utama.

Secara garis besar ada 4 fungsi strategi pemasaran, diantaranya:

1. Meningkatkan Motivasi untuk Melihat Masa Depan

Strategi pemasaran berupaya untuk memotivasi manajemen perusahaan agar berpikir dan melihat masa depan dengan cara yang berbeda. Hal ini sangat diperlukan untuk menjaga kelangsungan perusahaan di masa mendatang.

Penting bagi perusahaan untuk mengikuti ritme pasar, namun terkadang perusahaan juga harus memiliki gebrakan dengan sesuatu yang baru.

2. Koordinasi Pemasaran yang Lebih Efektif

Setiap perusahaan pasti memiliki strategi pemasarannya sendiri. Strategi pemasaran ini berfungsi untuk mengatur arah jalannya perusahaan sehingga membentuk tim koordinasi yang lebih efektif dan tepat sasaran.

3. Merumuskan Tujuan Perusahaan

Para pelaku usaha tentunya ingin melihat dengan jelas apa tujuan perusahaan mereka. Dengan adanya strategi pemasaran maka pelaku usaha akan terbantu untuk membuat detail tujuan yang akan dicapai, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

4. Pengawasan Kegiatan Pemasaran

Dengan adanya strategi pemasaran maka perusahaan akan memiliki standar prestasi kerja para anggotanya. Dengan begitu, pengawasan kegiatan para anggota akan lebih mudah dipantau untuk mendapatkan mutu dan kualitas kerja yang efektif.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah bahwa strategi marketing diperlukan jika Anda ingin menjual produk yang tepat dengan harga yang tepat kepada orang yang tepat dengan metode promosi dan distribusi yang tepat. Ini juga termasuk riset pasar dan analisis data menggunakan alat-alat seperti PEST (Politik, Ekonomi, Sosial dan Analisis teknologi) dan analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman).

Pengertian Strategi Marketing Mix

Menurut Kotler dan Amstrong, marketing mix adalah sekumpulan variabel pemasaran yang bisa digunakan oleh perusahaan untuk mengejar tingkat penjualan mereka. Dengan kata lain, marketing mix merupakan strategi pemasaran yang menggabungkan elemen-elemen di dalam mix marketing itu sendiri dan dijalankan secara terpadu.

Marketing mix memiliki beberapa elemen, yang dikenal dengan sebutan 4P. Bagi Anda yang bergerak di bidang pemasaran pasti tidak asing bukan? Ya, 4P adalah Product, Price, Promotion, Place. Namun, seiring dengan perkembangan zaman strategi mix marketing 4P ini sudah bertambah menjadi 7P.

Apa Itu Unsur 7P?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, 7P merupakan tambahan dari 4P. Adapun elemen nya yaitu:

Product (Produk)

Elemen pertama dari mix marketing adalah produk. Anda harus menentukan produk atau jasa apa yang akan ditawarkan kepada konsumen di pasar. Produk memiliki dua unsur yang perlu diperhatikan yaitu kualitas dan visual. Anda harus memastikan kualitas dari produk Anda dengan baik, selain itu konsumen juga harus merasa membutuhkan untuk membeli produk atau jasa Anda tidak hanya sekedar tertarik.

Cara mudah yang dapat Anda lakukan yaitu dengan melakukan riset kecil ke target pasar. Riset yang dilakukan dapat mencakup informasi respon pasar, keinginan konsumen, dan lain sebagainya. Melalui informasi yang kita dapat dari riset, kita dapat membandingkan produk/jasa Anda dengan kompetitor, mengetahui kelebihan dan kekurangan produk Anda.

Setelah itu, Anda dapat melakukan evaluasi untuk meningkatkan mutu produk dan jasa Anda, mencocokan produk dengan keinginan dan kebutuhan konsumen, dan memberikan gambaran prospek produk dimasa yang akan datang.

Price (Harga)

Terkait dengan harga, Anda perlu mempertimbangkan jumlah biaya yang telah dikeluarkan untuk mendapatkan kombinasi antara barang dan pelayanan yang akan diberikan kepada konsumen. Dalam menentukan harga dari produk, Anda harus menghitungnya berdasarkan dengan biaya produksi, modal, dan tambahkan keuntungan beberapa persen.

Harga jual harus sesuai dengan harga pasar, tidak terlalu tinggi dan tidak juga terlalu rendah. Hal ini untuk mencegah terjadinya kebangkrutan tentunya. Jika Anda ingin menjual dengan harga yang lebih tinggi, berikan perbedaan yang mencolok dibandingkan kompetitor Anda, seperti kualitas, varian. Sehingga konsumen merasa “worth it” dengan harga dari produk.

Promotion (Promosi)

Bagaimana agar produk atau jasa dikenal di pasaran dan mempunyai banyak konsumen? Ya, Anda harus melakukan promosi. Pada dasarnya, promosi merupakan aktivitas penyebaran informasi yang bersifat membujuk, memengaruhi dan mengingatkankan pasar bahwa produk Anda sudah siap dijual dan dibeli oleh mereka.

Salah satu yang dapat Anda lakukan adalah dengan memasang iklan. Iklan dapat dilakukan melalui media-media seperti surat kabar, elektronik, brosur, spanduk, social media. Pada zaman digital seperti sekarang, melakukan promosi menjadi sangatlah mudah karena banyak media sosial yang akan sangat membantu Anda.

Place (Tempat)

Tempat atau lokasi merupakan salah satu penentu omzet penjualan. Tentu saja Anda ingin produk atau jasa Anda laku keras bukan? Oleh karena itu, tempat atau lokasi penjualan juga sangat penting untuk dipertimbangkan. Bagaimana cara menentukan lokasi yang tepat? Hal yang dapat Anda lakukan adalah mencari dan menentukan lokasi penjualan yang sesuai dengan target pasar Anda, apakah itu untuk kalangan bottom, middle, atau up.

Participant (partisipan)

Partisipan merupakan salah satu elemen tambahan dari strategi marketing mix. Partisipan yang dimaksud adalah setiap orang yang masuk dan berpartisipasi dalam memasarkan produk atau jasa. Sebagai contoh, dalam bisnis  kuliner partisipan nya dapat berupa rumah makan, restoran, cafe. Secara umum, pelayan, petugas,reseller juga termasuk menjadi partisipan. Oleh karena itu, jangan menganggap remeh mereka, karena mereka mempunyai andil yang cukup besar dalam menentukan strategi marketing.

Process (Proses)

Proses yang dimaksud dalam unsur marketing di sini yaitu proses manajemen. Strategi manajemen sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini karena keputusannya menentukan keberhasilan dari marketing. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan proses pelayanan terhadap konsumen. Pelayanan yang baik kepada konsumen memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil pemasaran.

Physical Evidence (bukti/lingkungan fisik)

Physical evidence ini berupa bukti atau lingkungan fisik. Lingkungan fisik yang dimaksud yaitu berkaitan dengan kondisi atau suasana. Sebagai contoh agar tidak bingung, physical evidence ini seperti fasilitas, visi misi perusahaan, simbol perusahaan, brand, kekayaan perusahaan, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan kegiatan memasarkan produk.

Jadi seperti itulah marketing mix yang harus Anda pahami jika ingin mengembangkan bisnis dan memenangkan persaingan pasar. Untuk mendukung konsep marketing mix, Anda juga perlu melakukan perencanaan dan pengelolaan keuangan dengan baik dan benar. Anda bisa menggunakan bantuan Jurnal.

 

Banyak ahli marketing mengatakan bahwa kepuasan pelanggan adalah kunci utama dari konsep pemasaran dan marketing strategy. Dengan kata lain, setiap perusahaan memiliki cara tersendiri dalam melakukan proses marketing, sesuai karakteristik dan kesanggupan masing-masing.

Pada dasarnya tujuan akhir dari marketing itu tetap akan bermuara pada tercapainya kepuasan konsumen. Berikut ini adalah 5 Konsep Strategi Pemasaran:

1. Segmentasi Pasar

Setiap konsumen pasti memiliki kebutuhan dan kebiasaan yang berbeda. Perusahaan harus melakukan klasifikasi pasar yang sifatnya heterogen menjadi satua-satuan pasar yang bersifat homogen.

2. Market Positioning

Tidak ada perusahaan yang bisa menguasai seluruh pasar. Itulah alasannya mengapa perusahaan harus punya pola spesifik untuk mendapatkan posisi kuat dalam pasar, yaitu memilih segmen yang paling menguntungkan.

3. Market Entry Strategy

Ini adalah strategi perusahaan untuk bisa masuk pada segmen pasar tertentu. Bebebrapa cara yang sering dilakukan adalah:

  • Membeli Perusahaan Lain
  • Internal Development
  • Kerjasama Dengan Perusahaan Lain

4. Marketing Mix Strategy

Marketing Mix (baca: Pengertian Marketing Mix) adalah kumpulan dari beberapa variabel yang telah digunakan perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen. Beberapa variabel tersebut diantaranya;

  • Product
  • Price
  • Place
  • Promotion
  • Participant
  • Process
  • People Physical Evidence

5. Timing Strategy

Pemilihan waktu dalam melakukan pemasaran juga sangat penting untuk diperhatikan. Perusahaan perlu melakukan berbagai persiapan yang baik di bidang produksi, dan menentukan waktu yang tepat untuk mendistribusikan produk ke pasar.

Setelah memahami pengertian strategi pemasaran dengan baik dan melakukan analisis, kini saatnya Anda eksekusi ke beberapa strategi yang pas. Beberapa strategi pemasaran yang populer berikut ini bisa Anda terapkan:

1. Partnership

Marketing Partnership memiliki sejumlah keuntungan, contohnya berkolaborasi dengan pihak lain. Strategi pemasaran ini dinilai murah dan lebih berpeluang untuk sukses.

2. Bekerjasama dengan Influencer

Jangan anggap remeh kemampuan influencer sekelas selebgram. Mereka justru banyak memberikan pengaruh pada penjualan Anda, dengan jangkauan follower yang besar, ketika Anda mengontrak influencer untuk mempromosikan produk Anda, tentu bukan hal tidak mungkin mendapatkan keuntungan berlipat-lipat.

Influencer tidak melulu dari selebgram, tergantung produk Anda juga. Vlogger dan blogger juga bisa berpengaruh besar.

3. Melibatkan Karyawan

Tidak ada yang salah dengan melibatkan karyawan Anda dalam beberapa projek. Coba sesekali membuat iklan lucu yang melibatkan karyawan. Tentu ini memiliki efek ganda.

Mereka akan dengan senang hati share video dengan perusahaan disamping meningkatkan efektifitas kerja. Rata-rata karyawan merasa bangga saat dilibatkan dalam proyek seperti ini.

4. Menjaga Pelanggan Lama

Nah, ini yang penting. Senantiasa manjakan pelanggan lama Anda karena mereka adalah yang paling loyal dalam membeli produk.

Coba berikan bonus kecil khusus untuk pelanggan lama. Kebanyakan mereka adalah yang paling loyal mempromosikan produk yang mereka anggap memuaskan.

 

Perbedaan Strategi Pemasaran dan Marketing Plan

Ternyata banyak juga yang kebingungan dengan pengertian strategi pemasaran (marketing strategy) dan marketing plan. Padahal keduanya sangat berbeda.

Marketing strategy adalah penjelasan tentang goal yang perlu Anda capai dengan usaha yang dijalankan. Kita cukup melihatnya di business goal yang sudah dirancang.

Sementara marketing plan yaitu perencanaan bagaimana kita mencapai marketing goal yang sudah diatur tadi. Jadi marketing plan lebih mengarah ke sebuah peta atau pemandu dari satu langkah ke yang lainnya.

1. Marketing Strategy

Kalau melansir dari artikel situs The Balance, formulanya bisa seperti berikut ini:

Marketing strategy -> Marketing Plan -> Implementasi = Sukses

Karena itu, untuk membuat marketing plan, pemahaman tentang pengertian strategi pemasaran harus didahulukan di samping mengetahui komponen pentingnya. Komponen marketing strategy sendiri antara lain:

  • External marketing message
  • Menetapkan tujuan sasaran
  • Sasaran jangka pendek dan tujuannya
  • Sasaran jangka panjang dan tujuannya

2. Marketing Plan

Sementara untuk marketing plan komponennya adalah sebagai berikut:

Tantangan yang dihadapi (bisa tentang deskripsi produk/ servis dan rekap sasaran yang disebutkan di marketing strategy tadi). Analisa situasi sekarang, yang bisa meliputi:

  • Sasaran
  • Fokus
  • Budaya
  • Kekuatan
  • Kelemahan
  • Market share

Setelah membuat kerangka di atas, kini saatnya Anda melakukan analisis konsumen.  Analisa ini bisa berupa taget konsumen yang ingin diperoleh, jenisnya, alasan kenapa mereka beli produk Anda, konsumen yang seperti apa yang akan dibidik dan seterusnya. Melakukan analisis seperti ini nanti bisa memperuncing strategi pemasarannya dan tahu langkah apa yang dilakukan untuk menarik konsumen lebih banyak.

Selain itu, ada baiknya juga melakukan analisa kompetitor. Kita bisa mengukurnya dari diposisi mana bisnis kita sekarang dan juga kompetitornya? Apa kelebihan Anda dibanding kompetitor dan apa kekurangan Anda? Dan seterusnya.

Ini sangat baik supaya kita bisa memahami celah kompetitor dan menentukan strategi yang baik. Ingat, berhadapan dengan kompetitor besar akan sangat sulit, tapi ketika kita menyediakan apa yang tidak mereka punya tapi dicari konsumen tentu hasilnya akan lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *